Tuesday, July 25, 2006

Rutinitas Pagi

Jeda waktu antara film cartoon “Sponge Bob” dan “Chalk Zone” biasanya dimanfaatkan oleh Alfi untuk bergegas ke kamar mandi, ritual mandi pagi berlangsung cepat…lucu bila melihat dia menyikat giginya. Gigi depannya yang tersisa dua buah itu juga keduanya tinggal separuh terkikis. Ritualnya dalam menyikat gigi tertib sekali, mungkin begitulah yang di ajarkan disekolahnya, biasanya dia mengakhirinya dengan meringis sambil berkumur karena pengaruh pedas fluoride.
Selesai mandi, bergegas kembali kekamarnya untuk mengenakan seragam sekolahnya yang selalu berubah tiap harinya. Hari ini dia mengenakan setelan kemeja warna kuning muda dibalut dengan rompi dan topi hijau dengan celana panjang warna hijau sewarna dengan rompi yang dikenakannya. Jam tujuh kurang sedikit acara film “Chalk Zone” berakhir, terkadang dia merajuk untuk dapat melanjutkan film berikutnya “Dora /Diego”, cara yang efektif adalah segera mematikan televisi untuk kemudian mengajaknya lomba lari menuju kendaraan yang sudah menunggu digarasi depan, atau main kuda, dimana saya menjadi kuda yang membawanya dengan cara mengendongnya dipunggung.
Jam 7 lebih sedikit biasanya Kami sudah bergerak keluar jalan lingkungan yang sempit, sebenarnya jalannya cukup lebar namun lingkungan tempat Kami tinggal banyak dihuni oleh pedagang – pedagang keliling yang terkadang menaruh gerobak dan sejenisnya dipinggir jalan, belum lagi motor – motor yang diparkir dikiri kanan jalan membuat jalan semakin sempit untuk dilalui, dan akan semakin repot bila ada mobil masuk dari arah yang berlawanan. Persis disamping rumah saya ada Taman Kanak – Kanak yang kalau pagi banyak motor dan sepeda pengantar anak sekolah yang parkir dimuka pintu sehingga untuk mengeluarkan mobil dari garasi perlu usaha untuk mencari pemilik motor yang parkir menghalangi jalan keluar.
Ini juga merupakan alasan mengapa Saya sekarang lebih memilih city car yang kecil sehingga sedikit lebih mudah untuk keluar dari jalan lingkungan tempat tinggal Kami, dulu ketika menggunakan mobil eropa yang bongsor perlu usaha lebih keras untuk dapat keluar dari jalan lingkungan.
Sepanjang perjalanan saya dan alfi biasanya membahas masalah politik, ekonomi dan bisnis…uups, sounds weird-ya..?. Saya biasanya menanyakan pelajaran yang didapat hari kemarin, sistem pembelajarannya dibagi dengan istilah sudut; sudut keluarga, sudut alam sekitar, sudut ibadah, sudut olah tubuh dan sebagainya. Tiap hari dengan sudut berbeda dan tidak tertentu oleh hari, bila hari senin ini berada disudut keluarga maka tidak selalu bahwa senin depan akan berada disudut keluarga juga. Hal ini lah sehingga setiap dalam perjalanan ke sekolah saya menanyakan tentang disudut mana kemarin dia belajar? Uniknya untuk bicara dengan Alfi, saya tidak dapat “to the point” pada pokok masalahnya, biasanya saya bangun dulu interest-nya, kadang tentang desain “decals” mobil yang dia ciptakan dalam permainan X-Box nya atau tentang koleksi mainan “hotwheel” barunya. Atau bisa juga tentang suatu object menarik yang Kita lihat selama dalam perjalalanan, misalnya ada mobil bagus yang melintas, kalau sedikit disinggung tentang “spoiler”-nya atau “rims” atau “muffler” yang eye catching, minatnya langsung terbangun untuk bersuara. Dari obrolan “gula-gula” tersebut, untuk seterusnya dia akan terus semangat bercerita tentang pelajaran disekolahnya. Whatta boy…..!!!
Ceritanya akan lain lagi kalau adiknya “Mirza” ikut mengantar, sepanjang perjalanan biasanya saya akan menjadi wasit yang baik dari sebuah pagelaran tinju dunia (????).
Tiap hari dengan rute yang sama, perjalanan menuju TK Al Amanah di sunter memakan waktu kurang lebih 25 menit. Kalau tidak ada macet yang diluar perhitungan, waktunya akan sangat pas sekali sampai di sekolah pukul 7.30.
Setelah salam “gimme five”, dengan diantar dan ditunggu “uti”-nya (grandma) sampai masa pulang, saya kadang menyempatkan untuk melihatnya membaca ikrar pagi; semacam ritual do’a pagi bersama dihalaman sekolah. Suara-nya terdengar paling keras diantara kelompoknya. RODITUBILLAHIROBBA ….. AKU RELA BERTUHAN ALLAH…..WABILISLAMIDINNA…..DAN AKU RELA BERAGAMA…dst….Holly cow,….Apa ikrar saya pagi ini ya?>

0 Comments:

Post a Comment

<< Home