Monday, August 07, 2006

DELAYED

Terdengar suara pengumuman mengenai keterlambatan penerbangan Adam air dari pengeras suara yg terpasang di ruang tunggu C5 Terminal 1. Ahh...rasanya hal itu sudah biasa terutama Adam Air, bahkan pihak travel langganan saya pun tidak pernah merekomendasikan tiket airline ini. Cuma karena terpaksa, saya nggak punya pilihan lain. Penerbangan ke Balikpapan ditunda selama kurang lebih 30 menit, jangan pernah berharap untuk mendapatkan penjelasan yg menenangkan dari para ground staff-nya, sebaliknya apabila kita terlambat check-in jgn pernah berharap untuk mendapat toleransi, saya pernah telat 1 menit dan langsung di "close", mereka menutup counter check-in 40 menit sebelum boarding (peraturan ini mereka cetak pada lembar tiket, jadi jangan coba beradu argumen bahwa biasanya counter check-in ditutup 30 menit sebelum keberangkatan seperti airline pada umumnya), saya sempat berpikir positive bahwa mereka mempercepat closing counter check-in agar dapat mempersiapkan keberangkatan pesawat lebih baik sehingga bisa on schedule, tapi nyatanya sekarang airline ini malah terkenal karena telat-nya, sedangkan penutupan counter check-in lebih cepat 10 menit, ternyata hanya dimanfaatkan untuk bisa menjual tiket lebih mahal, terutama pada saat peak seasons. Ini bukan praduga, tapi ini pengalaman yg saya alami.
Praktiknya begini, pada saat fully book biasanya daftar waiting list selalu terisi dan biasanya mereka yg dalam waiting list ini para penumpang “go show” yg biasanya harus terbang ke tempat tujuan karena hal hal yg sifatnya urgent, biasanya kelas apapun yg ditawarkan pihak airline akan selalu diterima, tentu saja pihak airline akan menawarkan tiket dengan harga kelas termahal. Then, tingggalah pihak airline saya sebut saja pihak adam air mencari penumpang yg sial, ya contohnya seperti saya yg telat 1 menit ... Bayangkan 1menit, itu bisa karena artrian dipintu masuk yg awut awutan atau karena pemeriksaan x-ray yg lambat...the point is, mereka akan dengan pongah mengatakan telat is telat, kacian deh luh!
Nah...adam air kan sekarang sdh punya satu tiket free nih, dijual deh seat-nya dengan harga mahal. Mereka dapat untung dari spread harga tiket saya yang tentu saja lebih murah karena kelas nya beda karena pesannya jauh jauh hari. Setuju-kan kalau saya bilang mereka bangsat...
Mau bukti kongkrit lagi? Nah tadi nih sebetulnya saya telat check-in sekitar 10 menit, tapi saya lihat mereka belum close counter check-in, mau tahu kenapa? Karena mereka tidak punya waiting list penumpang dan saat ini bukannya peak season jadi mereka malah rugi kalau ada penumpang yg tidak bisa terbang karena telat sedikit telat banyak malah.
Depoin is, mereka bikin peraturan hanya untuk mencari profit dan bukan untuk pelayanan yg lebih baik. Sebenarnya saya telat kali ini juga by accident, mobil saya tiba tiba gear mundurnya slip, otomatis mobil hanya bisa maju, kebayang parkir di tempat parkir inap yg lahannya sempit terus mundurnya manual (maksudnya kudu didorong). Jadi aja acara parkir jadi agak makan waktu, saya sempat lari - lari juga ngejar waktu lantaran takut counter chek-in nya keburu close. Tapi rupanya...yaitu peraturan mereka buat flexible selama menguntungkan bagi mereka. Waddef…..
Kembali keruang tunggu ... setelah 30 menit menunggu, terdengar pengumuman lagi, keberangkatan ditunda lagi selama 30 menit, beberapa penumpang keluar dari ruang tunggu sambil bersungut, mungkin karena kebetulan jam makan siang sehingga sebagian dari mereka berniat untuk makan siang memanfaatkan waktu 30 menit menunggu……
Nggak sampai lima menit terdengar pengumuman lagi, ….. boarding. Bayangin sebagian penumpang yang sudah sebagian kabur ke restoran, atau yang lebih parah lagi yang baru nyendok makan siang mereka ….. arrghh….
Mungkin kejadian dibelakang layar nya kalau diumumkan secara gamblang begini.
Captain, gimana? pesawat sudah bisa take – off?. Bentar… gue lagi cari kunci kontaknya nih, tadi ditaro’ dimana ya….lu umumin deh pesawat delayed 30 menit.
Ok… Capt.
Nggak lama kemudian, wooi..kunci udah ketemu nggak susah lu bikin announcement, pesawat siap take off.
Yaahh…capt, sudah terlanjur diumumin!.
Makanya di pengumuman boarding, harusnya mereka bilang begini…
“ Para penumpang yang terhormat, pesawat adam air flight no. 674 tujuan Balikpapan siap diberangkatkan karena kunci kontaknya udah ketemu. Para penumpang dipersilahkan naik pesawat melalui pintu………

0 Comments:

Post a Comment

<< Home